Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Gelar Sosialisasi Forest Programme V Bagi Masyarakat Kabupaten Sikka

Dibaca 456 kali Administrator Selasa, 16 November 2021 - 18:22:29 WITA Berita

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar sosialisasi Forest programme V dan Forestry Support programme kepada masyarakat kabupaten Sikka yang diikuti oleh para camat dan kepala desa serta utusan masyarakat yang menetap diwilayah berbatasan dengan wilayah Hutan lindung masing - masing.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di Aula Cappa Hotel,Jln Nairoa, Desa Watu Milok, Kecamatan Kangae, Selasa (16/11).

Timbul Batubara selaku Koordinator kegiatan dalam laporan kepanitiannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi Forest Programme V ini terselenggara atas kerjasama yang baik dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Propinsi NTT dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sikka.

Pelaksanaan sosialisasi ini merupakan salah satu skema penguatan implementasi kebijakan perhutanan sosial. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lintas sektoral untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan fungsi lahan kawasan hutan bagi masyarakat baik dari segi sosial, ekologi dan ekonomi bagi masyarakat disekitar wilayah hutan tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun presepsi yang sama, baik kebijakan dan teknik operasional ditingkat dasar pada setiap stakeholder yang terlibat secara bersama sama, sekaligus meningkatkan pemahaman kepada masyarakat yang tinggal di wilayah hutan sosial kemasyarakatan di wilayah nya masing masing.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, yang dibacakan oleh Erna Rosdiana selaku Sekertaris Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan dalam sambutannya ia mengatakan Perhutanan sosial sebagai salah program prioritas nasional yang mendapat perhatian khusus dari presiden Jokowi sebagai salah satu program pemerataan ekonomi nasional. lanjut dia melalui pemberian akses legal pada masyarakat untuk mengelola Hutan dan melakukan peningkatan kualitas lingkungan dan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Sikka adalah salah satu dari empat Kabupaten di Indonesia yang terpilih untuk melakukan program Forest Programme V Social Forestry Support ini. Ia juga meminta dukungan dari para pihak terutama pemda dan semua Steckholder terkait yang ada di daerah ini, untuk berperan aktif seperti dinas terkait para camat dan kepala desa di wilayah masing masing untuk menyukseskan program tersebut.

Kerjasama ini merupakan kegiatan bersama yang didedikasikan khusus sebagai perhatian dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan bagi masyarakat Kabupaten Sikka. Sehingga keberhasilan ini menjadi suksesstory bagi kita bersama untuk Indonesia.

Pemerintah Indonesia menjalin kerjasama bilateral dengan pemerintah Jerman untuk mensukseskan forest programme V, Social Forestry Support. Untuk itu kami meminta kerja sama yang baik dalam mendorong pencapaian perhutani sosial dan peningkatan usaha bisnis di Kabupaten Sikka.

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Sikka sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memilih Kabupaten Sikka untuk mendapatkan Forest programme V.

Indonesia hanya empat Kabupaten yang mendapatkan program ini yakni kabupaten Madiun, Garot, Sanggau dan Kabupaten Sikka. Robi Idong juga mengajak kepada dinas terkait, para camat, kepala desa dan steckholder serta mitra lainnya untuk menyukseskan program ini.

"program ini memberikan manfaat yang sangat besar baik dari segi ekonomi, sosial dan ekologi. sehingga masyarakat yang mendiami wilayah hutan tersebut dapat mengelola dan memanfaatkan hutan tersebut untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat", ungkap Roby Idong.

Hadir pada kesempatan tersebut Muhammad Said (Direktur Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat) Erna Rosdiana ( Sekertaris Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan). Anindya ( Kabid Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Lingkungan dan Perhutanan Sosial DLHK Propinsi NTT. Herry Siswadi KA UPT KPH wilayah Kabupaten Sikka. Camat Talibura, Waigete, Waiblama, Doreng Dan Mapitara bersama 23 kepala desa serta mitra dan tamu undangan lainnya.

(Liput:Chen/FD)


Statistik Web