PIDATO BUPATI SIKKA

PIDATO BUPATI SIKKA

PADA UPACARA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN KE – 69 PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA....

Bupati Resmikan Jembatan Soda Bindi

Bupati Resmikan Jembatan Soda Bindi

Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, Jumat (25/5/2012) pagi, meresmikan jembatan Soda Bindi, di Desa Wo....

Huler Wair Sambut Teluk Maumere

Huler Wair Sambut Teluk Maumere

Huler Wair (ritual adat pendinginan) dan pemberkatan secara Katolik oleh Rm. Polikarpus  Sola P....

KECAMATAN KANGAE SEBAGAI KECAMATAN PERTAMA PENGGUNA LISTRIK PRA BAYAR DI INDONESIA

KECAMATAN KANGAE SEBAGAI KECAMATAN PERTAMA PENGGUNA LISTRIK PRA BAYAR DI INDONESIA

Maumere, 15  Juni 2011 Kecamatan Kangae, adalah salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Sik....

 PENCANGANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG (BBGR) TAHUN 2011 Kamis, 12 Mei 2011

PENCANGANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG (BBGR) TAHUN 2011 Kamis, 12 Mei 2011

Maumere, Kamis, 12 Mei 2011 Pencangan kegiatan pencanangan BBGR Kabupaten Sikka Tahun 2011, dilaksan....

KUNJUNGAN KERJA BUPATI SIKKA  KE DESA HEWOKLOANG

KUNJUNGAN KERJA BUPATI SIKKA KE DESA HEWOKLOANG

Bupati Sikka, Drs. Sosimus Mitang dan ibu bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Desa Hewokl....

KPUD Sikka Siap Sukseskan Pilkada PDF Print E-mail

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sikka, Albertus Ben Bao mengatakan lembaga yang dipimpinnya siap menyukseskan Pilkada Sikka 2013. Bao mengatakan ini dalam seminar sehari yang digelar KPUD Sikka di Hotel Silvya Maumere, Kamis (19/7). Seminar bertema "Eksitensi Partai Politik dalam Konstelasi Politik Menuju Pemilu Kada Sikka 2013" ini dibuka Bupati Sikka, Sosimus Mitang. Sementara tampil sebagai narasumber Dosen Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Marianus Gaharpung, Wakil Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas dan KPUD Sikka, Albertus Ben Bao.

Dalam sambutannya, Bupati Sosimus Mitang meminta elemen warga Sikka, terutama KPUD dan partai politik, mengamankan dan menyukseskan tahapan proses pemilu, melancarkan pemilu dan berperilaku santun terhadap partai politik dan para kandidat yang maju dalam suksesi.


"Saya menghimbau seluruh pemangku kepentingan baik masyarakat dari pelbagai elemen, partai politik, KPUD sebagai penyelenggara, lembaga pengawas, para peminat jabatan bupati, serta para birokrat, agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyukseskan pilkada Sikka," katanya.

Sementara Albert Ben Bao menyampaikan beberapa tahapan pemilu yang akan dilalui, yakni pemuktahiran data pemilih, tahapan pencalonan, tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Ia juga mengingatkan para pemimpin parpol untuk memperhatikan masalah kepengurusan ganda dan menyiapkan figur calon sesuai aturan partai demi menghindari terjadinya polemik. Albert mensinyalir ada empat parpol di Sikka yang bermasalah baik karena nomenklatur nama partai berubah, maupun karena kepengurusan ganda. Keempat partai itu adalah PKDI, PKP, PPD, dan PDP.

Selain itu, Albert menggarisbawahi pentingnya keberadaan saksi dan mekanisme penghitungan suara secara online. 

Gaharpung dalam materinya yang bertajuk, "Implementasi Etika dan Moral Politik demi Terwujudnya Demokrasi Anti Kekerasan pada Pemilukada", menekankan pentingnya pendidikan politik, komunikasi politik, penyerapan dan penyaluran aspirasi politik, partisipasi politik warga negara dan rekrutmen politik dalam proses pengisian jabatan politik melalui mekanisme demokrasi. Selain itu ia menegaskan bahwa kandidat harus bermoral dan beretika.

"Masyarakat mendambakan pemimpin yang baik. Sistem politik yang baik dan bersih harus dibangun," kata Marianus Gaharpung.

Sedangkan Andreas Agas menekankan bahwa yang berwenang untuk menetapkan kandidat adalah pengurus partai yang punya legitimasi secara hukum yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu para kandidat diberikan kesempatan hukum untuk meproses oknum-oknum pengurus partai yang merugikan dirinya. 

Seminar sehari itu mendapat banyak masukan dari peserta seminar, diantaranya Deddy da Silva, EP da Gomez dan beberapa peserta lainnya.

Hadir dalam seminar ini: Ketua DPRD Sikka Rafael Raga, Wakil Ketua DPRD Sikka Alexander Longginus, Mantan Ketua DPRD A.M. Keupung, anggota DPRD Sikka, Siflan Angi, Markus Melo, Paulus Nong Susar, Ambros Dan, pimpinan parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, aktivis LSM, pemuda dan pers.(flores pos)
Last Updated on Friday, 20 July 2012 14:11
 

Comments  

 
0 #1 Yuven 2012-09-10 22:47
"Masyarakat mendambakan pemimpin yang baik. Sistem politik yang baik dan bersih harus dibangun," kata Marianus Gaharpung. .... very interesting sosial and political statements. Sekedar merefleksi dari tanah rantau ... berarti dambaan masyarakat Sikka untuk dapat pemimpin yang baik selama ini belum terpenuhi, ya, Pak Marianus. Juga berarti sistem politik selama ini belum baik dan "masih kotor". Semoga pemilukada Sikka 2013, rakyat Sikka bisa dapat seorang "gembala/pemimpin yang baik" serta proses dan hasil pemilukada nanti benar-benar baik dan sudah tidak kotor lagi.Epang gawang.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

BUPATI SIKKA

Periode 2013-2018

Drs. Yoseph Ansar Rera



DINASBADANKANTORSEKRETARIATINSPEKTORATRUMAH-SAKIT

Tomat Rp.........

Cabe Keriting Rp.........

Ikan Kering Rp........

Beras Membramo Rp.......    

Moke Rp .........



WAKIL BUPATI SIKKA

Periode 2013-2018

Drs. Paolus Nong Susar


galeri-sikka
forum-sikka
transport-laut

transport-udara


transport-darat

RUMAH-SAKIT

Convert 

into

  
My status

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
Jalan Litbang - Maumere
Telp (0382) 22320

-

2013