BUPATI SIKKA AJAK KEPALA DESA GEMAR BERINOVASI

Dibaca 100 kali Administrator Jumat, 12 Oktober 2018 - 08:59:18 WITA Berita

Maumere,- Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo,S.Sos,M.Si saat membuka kegiatan  bursa Inovasi desa tingkat Kabupaten Sikka tahun 2018, yang berlangsung di Aula Sikka Convention Centre, Kamis (11/10/2018) menekankan pada pentingnya para Camat dan kepala Desa agar bersinergitas membangun desa.

Saat ini kata Bupati Sikka masyarakat desa semestinya berbangga karena Pemerintah pusat melalui Kementerian terkait memberikan perhatian secara langsung dengan menganggarkan dan mangalokasikan sejumlah dana termasuk dana desa.

Gunakanlah dana desa yang ada untuk menciptakan temuan-temuan baru,berinovasi baru akan hasil alam kita.

Jumlah dari tahun ke tahun dana desa mengalami peningkatan yang berlipat ganda, sejauh ini sejumlah desa di Kabupaten Sikka masih belum memaksimalkan penggunaan dana ini.

Ini tugas berat  bagi para Camat termasuk kepala desa dan perangkat desa yang ada, karena  dana tersebut langsung digunkan nyata untuk kepentingan masyarakat dengan berbagai acuan - acuan yang ada.

Selain itu pinta Bupati Sikka  agar setiap  desa harus mempunyai inovasi - inovasi berupa produk yang dihasilkan dari kelompok desa tersebut, sehingga menjadi ciri khas tersendiri bagi masing-masing desa.

Masyarakat desa harus mempunyai skil, berinovasi terhadap semua sumber daya alam yang ada kita  miliki saat ini.

Inovasi dan kreativitas adalah bagaimana masyarakat  menemukan cara kerja yang baru.

Masyarakat Kabupaten Sikka harus  berubah dari masyarakat yang tradisional ke masyarakat yang milenial dengan banyak cara diantaranya,menolak hidup malas,disiplin yang tinggih,hemat dalam berbagai hal terutama menggunakan sumber daya yang ada,selain itu efisiensi,investasi,berinovasi serta mampu mengenali dan mengendalikan diri atas terhadap kesehatan.

Bupati Sikka mengajak semua komponen baik di Kabupaten Sikka,NTT,bahkan di Propinsi lainnya untuk melibatkan diri bergabung  terlibat dalam Program  Inovasi desa ini terutama di Kabupaten Sikka, dalam membagi kreativitas, inovasi agar menerapkan di  kelompok-kelompok industry desa di Kabupaten Sikka. (Arnoldus Laka Welin)

 

 


Statistik Web