Kasih Sayang dan Obat, Bikin ODGJ Sembuh

Dibaca 271 kali Administrator Senin, 05 Februari 2018 - 10:39:45 WITA Berita

Maumere.- Hingga akhir Januari 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka menangani 34 ODGJ yang dipasung, tersebar di 23 Wilayah Kerja Puskesmas dari 25 Puskesmas yang ada. Dua Puskesmas yang belum memasukan data adalah Puskesmas Beru dan Puskesmas Waigete.

Dari 34 pasien ODGJ, sudah bebas pasung 7 orang. 5 orang dibebas pasung di tahun 2017 dan 2 orang ditahun 2018.

Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa sembuh dengan cara mengkonsumsi obat dan pendekatan keluarga. Dengan mengkonsumsi obat secara teratur dan mendapat perhatian dari keluarga secara baik dan penuh kasih sayang, maka orang dengan ODGJ dapat sembuh, untuk sembuh tentunya membutuhkan waktu.

Demikian hal ini dikemukakan drg. Harlin Hutauruk didampingi dr.Agustinus Sega, usai kegiatan membuka pasung, salah satu pasien ODGJ, inisial BE (33), di Kompleks SD Inpres Madawat, Jl Anggrek Kelurahan Kabor Kecamatan Alok. Minggu (04/02/2018) siang.

Lebih lanjut, Harlin Hutauruk mengingatkan agar setiap warga yang mengetahui ada ODGJ yang ada lingkungannya supaya melaporkan atau menyampaikan kepada puskesmas terdekat sehingga bisa mendapatkan penanganan secara medis.

“untuk kesembuhan ODGJ sangat diharapkan adanya dukungan dari keluarga, sebagai orang terdekat dari ODGJ. Ditengah masyarakat sendiri masih ada paradigma bahwa ODGJ sakit karena “diguna ~ guna”. Paradigma ini salah, karena biasanya orang yang mengalami gangguan jiwa lebih disebabkan adanya permasalahan yang tidak terselesaikan. untuk itu, bila ada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa supaya dilaporkan ke puskesmas untuk mendapat penanganan medis” demikian harap Harlin Hutauruk.

ODGJ di Kabupaten Sikka juga mendapat perhatian dan pendekatan dari Kelompok Kasih Insani (KKI) Maumere.

Dalam melaksanakan kegiatannya, KKI selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Kepolisian, Dinas Sosial dan Puskesmas.

Salah satu pengurus KKI Maumere, Bambang Juje, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa ada banyak ODGJ di Kabupaten Sikka yang masih dikucilkan, disembunyikan bahkan ada yang dipasung karena agresif.

Bambang sangat berharap agar ke depan perlu dibangun rumah rehabilitas bagi ODGJ di Kabupaten Sikka. Sehingga ODGJ bisa mendapat pelayanan kesehatan secara baik dan mereka juga bisa diberi pelatihan ketrampilan. (djo)


Statistik Web