RANGKUMAN PEMBERITAAN PERS PERBAGAI PERISTIWA DI KABUPATEN SIKKA TANGGAL 7 S/D 15 JANUARI 2023

Dibaca 429 kali Administrator Kamis, 19 Januari 2023 - 10:23:48 WITA Berita

1.     Bidang Politik dan Pemerintahan

https://suarasika.com/2023/01/07/dugaa-manipulasi-dokumen-warnai-seleksi-pppk-nakes-di-sikka

        Dugaan Manipulasi Dokumen, Warnai Seleksi PPPK Nakes di Sikka

Dugaan manipulasi dokumen persyaratan mewarnai Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Sikka. Dokumen persyaratan yang diduga dimanipulasi yakni terkait masa kerja dan umur peserta seleksi.

Diduga kuat ada pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang sengaja menerbitkan dokumen persyaratan dengan memanipulasi masa kerja dan umur peserta seleksi.

Ihwal dugaan manipulasi dokumen persyaratan terkuak dalam rapat dengar pendapat (RDP) Rabu (5/1) dan Kamis (6/1) di Gedung DPRD Sikka. RDP berlangsung antara DPRD Sikka bersama Kepala BKDPSDM Sikka, Kepala Dinas Kesehatan Sikka, Direktur RSUD TC Hillers Maumere, dan puluhan tenaga kesehatan yang gagal seleksi kompetensi.


https//suarasikka.com/2023/01/09/spanduk-tolak-anis-baswedan-terpampang-di-kota-maumere

        Spanduk Tolak Anis Baswedan Terpampang di Kota Maumere

Maumere - SuaraSikka.com: Aksi penolakan terhadap Anis Baswedan, mulai disampaikan secara terbuka. Penolakan terhadap mantan Gubernur DKI ini terkait pencalonan dirinya sebagai Preside  RI oleh Partai Nasdem. Hal ini bisa dilihat pada spanduk yang terpampang di Kota Maumere, ibukota Kabupaten Sikka. Setidaknya ada 2 buah spanduk penolakan yang dipasang pada tempat berbeda. Satunya di perempatan Jalan Lingkar Luar, dan satu lagi pada tembok Bangsal Lasarus, dekat Gereja Katedral Maumere. Belum diketahui sejak kapan spanduk tersebut dipasang. Diduga spanduk ini baru dipasang Minggu (8/1) malam atau Senin (9/1) dinihari

Pada spanduk tersebut tertulis Mantab Masyarakat NTT Tolak Anis Baswedan. Media ini mendapat informasi, Mantab merupakan wadah mahasiswa NTT yang ada pada salah satu propinsi. Mantab menguraikan 4 alasan kenapa Anis Baswedan mesti ditolak yakni didukung FPI, didukung HTI, didukung PA 212, dan gagal pimpin Jakarta.


2.     Bidang Hukum dan HAM

https://ntt.wahananews.com/2023/01/08/gegara-uang-100-ribu-kios-dan-motor-ludes-terbakar

Ribut Gegara Uang 100 Ribu, Kios dan Motor Ludes Terbakar

Pasangan suami isteri asal Onget, Dusun Waturepang, Desa Lela, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, harus menerima kenyataan pahit melihat kios dan motor milik mereka ludes terbakar. Mirisnya, kios dan motor tersebut dibakar sendiri oleh sang suami Fulgensius Rais, usai terlibat saling cekcok dengan sang isteri Yustina Manona gegara uang Rp. 100.000. Laporan yang diterima media ini dari sumber yang dipercaya menjelaskan bahwa, peristiwa pembakaran tersebut terjadi, Sabtu (07/01/2023).

Pemicu pembakaran sepeda motor dan bangunan kios tersebut berawal dari cekcok/keributan antara suami istri pemilik bangunan kios tersebut. Awalnya ketika Yustina sang isteri, menanyakan uang hasil jualan nasi bungkus dan bensin yang hilang sebesar Rp.100.000 kepada suaminya Fulgensius.

Lantaran tidak mengetahui hilangnya uang tersebut, Fulgensius menyampaikan bahwa uang tersebut tidak diambilnya. Dirinya hanya menyimpan uang hasil tambal ban.


https://kumparan.com/florespedia/2023/01/09/laggar-kode-etik-dan-desersi-2-polisi-polres-sikka-di-pecat

Diberhentikan Tidak dengan Hormat, 2 Polisi Tidak Hadiri Upacara Penanggalan Atribut Polri

Maumere-SuaraSikka.com: Brigpol Alfridus Blasius Sato dan Brigpol Franklin Thobias Tefbana yang diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH), tidak menghadiri upacara penanggalan atribut Polri. Upacara PTDH itu sendiri dilaksanakan Senin (9/1) di lapangan upacara Mako Polres, dipimpin Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto Junaedi Putera Pahroen.

Penanggalan atribut polisi dilaksanakan secara simbolis karena Brigpol Alfridus Blasius Sato dan Brigpol Franklin Thobias Tefbana tidak hadir. Wakapolres Sikka mengambil foto Brigpol Alfridus Blasius Sato dan Brigpol Franklin Thobias Tefbana yang mengenakan pakaian dinas, dan menggantikan dengan foto berpakaian preman.


3.     Bidang Agama

https://ww.pojokbebas.com/2023/01/09/omk-kristus-raja-maumere-bagikan-damai-natal-dan-sukacita-tahun-baru-kepada-umat-lintas-agama

OMK Kristus Raja Maumere Bagikan Damai Natal dan Sukacita Tahun Baru kepada Umat Lintas Agama

Puluhan Orang Muda Katolik (OMK) Komunitas Umat Basis (KBG) Kristus Raja, Lingkungan XII, Paroki Santo Thomas Morus (Pasthorus) Maumere membagikan Damai Natal dan sukacita Tahun Baru kepada umat lintas agama di  dari KBG ini yang menghadiri  syukuran Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang berlangsung di Halaman Rumah salah seorang umat KBG itu Walburgus Abulat, Sabtu (7/1/2023). Rangkaian acara syukuran Natal dan sukacita Tahun Baru diawali dengan upacara Sabda yang dipimpin Pastor Rekan Paroki Santo Thomas Morus dan Pastor Rekan Paroki Santo Gabriel Waioti, RP. Wens Edy, MGL.


4.      Bidang Perhubungan

https://kumparan.com/florespedia/2023/01/07/7-kapal-yang-berlindung-di-pelabuhan-l-say-maumere-diperbolehkan-berlayar

7 Kapal yang Berlindung di Pelabuhan L.Say Maumere Diperbolehkan Berlayar.

Cuaca semakin membaik, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Pelabuhan L Say, mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) 7 kapal yang berlindung di Pelabuhan L Say Maumere, Kabupaten Sikka. Hal itu setelah pihak KSOP Pelabuhan L Say Maumere, berkoodinasi dengan pihak BMKG, terkait perkembangan cuaca di perairan Flores dan NTT.

Demikian dikatakan Plh Kepala KSOP Pelabuhan L Say Maumere, Halim Eko kepada media ini, Sabtu (7/1) sore, terkait situasi pelayaran di Pelabuhan L Say Maumere. "Hari ini cuaca semakin membaik, sehingga malam ini, KSOP mengeluarkan SPB untuk keberangkatan kapal yang berlindung di Pelabuhan L Say," kata Eko


5.     Bidang Pertanian

https://suarasikka.com/2023/01/08/hama-ulat-grayak-serang-3348-hektar-jagung

Hama Ulat Grayak Serang 334,8 Hektar Jagung

Petani di Kabupaten Sikka resah. Hama ulat grayak menyerang tanaman jagung di semua kecamatan. Luas tanaman jagung di Kabupaten Sikka mencapai 7.089 hektar. Ulat grayak telah menyerang 334,8 hektar atau setara 4,72 persen.

Meski persentase serangan hama ulat grayak terbilang masih kecil, namun kondisi ini sangat mengenaskan. Pasalnya hama ulat grayak menyerang tanaman jagung di semua kecamatan di Kabupaten Sikka.


Statistik Web